Nama : Rizki Febri Ardian
NPM : 34209326
Kelas : 2 DD 03
Mata Kuliah : Manajemen Penjualan
Dosen : Hari Setiawan
1. Sebutkan pengertian manejemen penjualan dari beberapa sumber!
Menurut SHINAGAMI "Manajemen penjualan" awalnya disebut secara eksklusif ke arah personil tenaga penjualan. "sales management" dimana maksudnya disini adalah manajemen yang mencakup seluruh kegiatan penjualan seperti promosi, pengiklanan, penelitian pasar. Namun sekarang pengertian akan manajemen penjualan adalah pencapaian yang dicapai oleh suatu organisasi atau perusahaan pejualannya dengan cara yang efisien melalui " planning, staffing, training, leading & controlling". Manajemen Penjualan berkaitan dengan semua kegiatan, proses dan keputusan yang terlibat dalam mengelola penjualan fungsi dalam suatu organisasi. Manajemen penjualan harus cerdas dan gesit dan menyediakan solusi teknologi yang terpusat untuk mendukung upaya penjualan.
2. Jelaskan tentang proses manajemen penjualan!
Proses Manajemen Penjualan
Setelah strategi penjualan ditetapkan maka untuk selanjutnya maka manajemen tentu harus melaksanakannya dan mengelola pelaksanaan penjualan.kegiatan pengelolaan dimulai dari perencanaan penjualan yang meliputi pengenalan pasar dan peran mendesain organisasi dan struktur organisasi penjual,meramalkan penjualan menentukan objective penjualan dan manajemen waktu dan didalam penentuan tujuan harus diturunkan dari tujuan perusahaan pada tingkat manajemen yang lebih tinggi,tingkatan tujuan penjualan terdiri dari tujuan korporasi unit bisnis,pemasaran dan penjualan yang beberapa tingkatan sampai ketujuan individu tenaga penjual.
3. Jelaskan tentang tahap-tahap penjualan!
Tahapan sistimatis dalam melakukan penjualan sasaran adalah sebagai berikut
Segmentasi Pasar: Tindakan membagi sebuah pasar kedalam kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan membutuhkan produk. Dalam hal ini perusahaan mengidentifikasi cara-cara yang berbeda untuk membagi pasar menjadi segmen-segmen, mengembangkan segmen pasar yang menguntungkan, dan mengevaluasi daya tariknya
Pentargetan Pasar: Tindakan mengevaluasi dan menyeleksi satu atau beberapa segmen yang akan dipilih
Penempatan Pasar: yakni tindakan menciptakan suatu penempatan produk yang kompetitif diantara produk saingannya. Dalam hal ini yang dimaksud penempatan pasar adalah penempatan produk pada alam pikiran dan benak konsumen. Apabila persepsi tentang produk sudah berada pada benak konsumen, maka saat diperlukan produk itulah yang diutamakan
Dari tahapan tersebut diatas, dalam kegiatan segmentasi harus melakukan identifikasi tentang strategi segmentasi yang akan digunakan dan mengembangkan profil setiap segmen. Setelah segmentasi pasar dilakukan, perusahaan siap memasuki langkah ketiga yaitu menetapkan sasaran pasar (target market) yaitu yakni sekelompok konsumen yang akan dijadikan pasar sasarannya, dengan mengembangkan metode penilaian atas daya tarik segmen serta memilih segmen yang akan dimasuki. Pada tahap ini perlu juga perusahaan mengidentifikasi kemungkinan penempatan produk ke masing-masing segmen dan menentukan penempatan produk yang dipilih (product positioning).
Dalam membagi segmen pasar dapat digunakan beberapa kriteria sebagai dasar segmentasi pasar. Pembagian pasar dapat dilakukan atas dasar geografis, demografis serta psikografis, dengan contoh dan penjelasan sebagai berikut.
4. Jelaskan tentang cara-cara penjualan!
Berikut saya uraikan cara menjual yang baik…
1. Anda harus mengenal produk yang akan anda jual
Entah jenis produk apa yang akan anda jual, baik berupa jasa maupun barang, atau mengajak rekan untuk berbisnis, anda harus tahu benar mengenai produk yang akan anda jual ini. Pelajarialah terlebih dahulu produk anda, kelebihan produk anda, keuntungankekurangannya,kekuatan,kelemahan,biayanya, jangan sampai anda belum menguasai benar produknya. Ini juga akan menjadi pertimbangan anda untuk menyampaikan informasi tentang produk anda ke orang lain.
(permasalahannya, produk
2. Sesuaikan penampilan
Penampilan menandakan kepribadian anda,orang akan melihat penampilan sebelum berkomunikasi dengan anda. Tentunya jika anda ingin menjual sesuatu kepada orang kalangan atas, setidaknya anda juga mengikuti gaya/tren/penampilan kalangan orang atas. Begitu pula sebaliknya.
3. Komunikatif
Ketika anda sudah menjaga penampilan anda langkah yang harus ditempuh adalah carilah calon pembeli sebanyak-banyaknya. Belajarlah untuk bergaul dengan orang lain, pelajarilah etika bergaul serta kunci yang sebenarnya adlah bersikap ramah pada orang lain.
4.Tuntunlah calon pembeli untuk mengambil keputusan
Usahakan anda menjelaskan dengan detail mengenai produk anda kepada pelanggan, yakinkan bahwa produk anda benar-benar menguntungkan. Bila perlu bandingkan dengan produk lainnya. Tapi anda juga harus siap dengan keberatan calon pembeli. Hendaknya anda sudah siap dengan jawabannya. Pastikan tidak ada paksaan dan jangan sampai kita memutuskan tidak bergaul lagi dengannya.
5. Manfaatkan kesempatan yang ada
Ketika calon pembeli mulai tertarik dengan produk kita,segeralah tawar-menawar harga sebelum mereka berubah pikiran, anda juga harus menyiapkan harga yang pantas, jangan sampai anda malah terbujuk rayuannya untuk menjual produk anda dengan harga yang murah.
6. Jangan Mengecewakan
Ini point terakhir, setelah anda menjual produk anda janganlah sampai anda mengecewakannya. Jangan pernah memutuskan komunikasi dan teruslah bersikap ramah, hal ini akan menaikkan image anda di mata pembeli dan ini akan menyebar ke teman-teman mereka ketika mereka benar-benar mengambil manfat dari produk yang kita jual. Kalau kita mengecewakan maka oran lain juga tidak akan percaya lagi.
Ya semuanya juga butuh kesabaran dalam kita menekuninya…jangan lupa berdoa…
dan kunci utamanya adalah KEJUJURAN anda.
5. Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan?
1.Kondisi dan Kemampuan Penjual.
Transaksi jual-beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua.Penjual harus dapat menyakinkan kepada pembelinya agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan.untuk maksud tersebut penjual harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan, yaitu :
a. Jenis dan karakteristik barang yang di tawarkan.
b. Harga produk.
c. Syarat penjualan seperti: pembayaran, penghantaran, pelayanan sesudah penjualan,garansi dan sebagainya.
2. Kondisi Pasar.
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.
Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah:
a. Jenis pasarnya
b. Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
c. Daya belinya
d. Frekuensi pembelian
e. Keinginan dan kebutuhan para konsumen
g.harga produk tersebut
3. Modal.
Modal dalam usaha angat di butuhkan dalam membangun perusahaan. Modal adalah salah satu factor penunjang jalannya proses usaha. Akan lebih sulit bagi penjualan barangnya apabila barang yang dijual tersebut belum dikenal oleh calon pembeli, atau apabila lokasi pembeli jauh dari tempat penjual. penjual harus memperkenalkan dulu membawa barangnya ketempat pembeli. untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya sarana serta usaha,seperti: alat transport, tempat peragaan baik didalam perusahaan maupun di luar perusahaan,usaha
promosi,yang hanya dapat dilakukan apabila penjualan memiliki sejumlah modal yang diperlukan.
4. Kondisi Organisasi Perusahaan.
Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ditangani oleh bagian penjualan yang dipegang orang-orang tertentu yang ahli di bidang penjualan.
5. Faktor lain.
Faktor-faktor lain, seperti:periklanan,peragaan,kampanye,pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan.namun untuk melaksanakannya, diperlukan sejumlah dana yang tidak sedikit. bagi perusahaan yang bermodal kuat,kegiatan ini secara rutin dapat dilakukan.sedangkan bagi perusahaan kecil yang mempunyai modal relatif kecil kegiatan ini lebih jarang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar